Benih Lobster

Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan teror ambil benur (benih lobster) dari alam untuk dibudidayakan dapat membuat menyusutnya plasma lutfah di alam. Hingga pemerintahan perlu membuat batas spesifik untuk ambil benur dari alam.

“Harus diberi batas untuk pengungkapannya (benur),” kata Periset Pusat Riset Oseanografi LIPI, Rianta Pratiwi, dalam SAPA MEDIA bertopik Pahami Kekuatan Lobster dari Sudut pandang Kelautan dan Sosial secara virtual, Jakarta, Senin (30/11).

Perairan tempat diamankannya benur kata Rianta mempunyai daya bantu yang terbatas. Hingga tidak bisa menjaga seluruh benur yang ada.

Tragisnya, bermacam tipe makanan lobster dipanen manusia. Mengakibatkan makanan yang ada untuk lobster di alam menyusut.

“Bukan hanya diambil lobsternya, dan juga makanan lobster diambil manusia,” katanya Rianta.

Babak hidup lobster termasuk kompleks dengan 4 babak yakni reproduksi/perkembangbiakan, larva filosoma, lobster muda (puerulus), dan lobster dewasa. Pada babak puerulus dan juvenil jadi teror yang paling serius untuk keberlanjutan usaha secara ekonomi untuk nelayan untuk periode panjang dengan kelestarian sumberdaya lobster di alam.

“Ambil lobster dengan tidak ramah lingkungan akan menghancurkan terumbu karang selaku habitat lobster,” kata Rianta.

Karena itu, LIPI merekomendasikan, ambil lobster harus sesuai ketentuan pengaturan dan limitasi ambil.

Direktur Eksekutif Pusat Analisis Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim merekomendasikan Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi, sekalian Menteri KKP Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan untuk hentikan peraturan export benih lobster atau benur yang diputuskan Edhy Prabowo.

“Seharusnya dihentikan keseluruhan dan diutamakan untuk usaha pembesaran lobster dalam negeri,” tambah Abdul Halim ke Liputan6.com, Senin (30/11/2020).

Walau sekarang ini peraturan export benih lobster disetop sesaat, tetapi Luhut membuka peluang untuk kembali lagi menggelindingkan ketentuan itu. Dengan fakta itu bisa menyejahterakan beberapa nelayan tangkap di wilayah pesisir.

Updated: January 15, 2021 — 5:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.