Dominasi Industri Kreatif

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan pebisnis wanita dan peranannya benar-benar vital selaku pahlawan ekonomi terutamanya di bidang Koperasi dan UKM, apa lagi sekarang ini, perubahan ekonomi syariah dan pebisnis wanita benar-benar cepat.

“Indonesia ada pada rangking 4 industri pariwisata halal, rangking 3 untuk fesyen muslim, dan rangking 5 untuk keuangan syariah. Tetapi, untuk produk makanan halal, Indonesia belum masuk 10 besar ini berdasar State of The Global Islamic Economy Report 2019-2020,” kata Teten Masduki dalam Kongres II Ikatan Pebisnis Muslimah Indonesia yang diadakan secara daring, Rabu (2/12/2020).

Data BPS sekarang ini memperlihatkan 43,45 % pebisnis UMKM nonpertanian ialah wanita. Database KemenkopUKM memperlihatkan dari keseluruhan 123.048 koperasi aktif beberapa 11.458 ialah Koperasi Wanita.

Menurut dia, ekonomi industri inovatif wanita juga jadi aktor khusus. Berdasar Sensus Ekonomi 2016, pebisnis wanita masih pimpin, yaitu dengan prosentase sejumlah 54,96 %.

“Selaku satu organisasi bungkusyarakatan yang dibangun untuk tingkatkan peranan Pebisnis Muslimah, peranan IPEMI sangat penting dalam pendayagunaan ekonomi warga, ke arah kemandirian ekonomi yang berpribadi Indonesia dan bermoralul karimah,” ucapnya.

Kata Teten Masduki, Pemerintahan perlu bersinergi dengan IPEMI untuk menggerakkan wanita masuk ke aktivitas ekonomi dan usaha.

Ke-3 alih bentuk ke rantai nilai (nilai chain) berdasar cluster, teritori, dan komoditas favorit.

Dia memberikan contoh misalkan lewat program korporatisasi petani/nelayan; berbelanja barang pemerintahan dan BUMN; dan kerja sama usaha vital baik dengan koperasi atau usaha besar.

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengutamakan ada tiga poin penting diamati dalam usaha menggerakkan UMKM go digital. Tiga hal itu mencakup kemampuan usaha, kualitas produk, dan literasi digital.

“Saya sampaikan animo setingginya ke kawan-kawan Bank Indonesia yang sudah memberikan dukungan aktivitas ICCF. Besar keinginan saya supaya kolaborasi, kerja sama dan kerjasama bersama dalam usaha meningkatkan UMKM tanah air tetap kita tambahkan,” tutur MenkopUKM.

Updated: January 15, 2021 — 4:33 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.