Ekonomi Bali Terkontraksi

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjelaskan ekonomi di Propinsi Bali lagi alami kontraksi sepanjang 9 bulan. Paling akhir, pada triwulan ke-3 tahun ini perkembangan ekonomi alami kontraksi minus 12,28 %.

“Perkembangan ekonomi di Bali sepanjang 9 bulan telah turun. Ekonomi Bali minus 12,28 % pada triwulan III tahun ini,” kata Tjokorda pada acara UMKM Go Digital, From Local to Global Champion di Bali, Kamis (26/11).

Tjokorda menjelaskan keadaan ini muncul karena pulau dewata ini benar-benar Togel Hari ini tergantung pada bidang pariwisata. Walau pariwisata untuk wisatawan lokal telah dibuka, tetapi kehadiran wisatawan luar negeri masih ditutup.

“Ini sebab ekonomi Bali benar-benar bergantung bidang pariwisata yang hingga saat ini masih ditutup untuk (wisatawan) luar negeri,” ikat Tjokorda.

Mengakibatkan, berdasar survey yang dikerjakan Bank Indonesia Propinsi Bali mengatakan tiga bidang usaha yang paling terimbas. Diantaranya bidang fasilitas dan makanan minuman tirin 92,47 %, bidang layanan turun 90,0 % dan bidang transportasi dan perdagangan turun 90,34 perse.

Aktor usaha di Bali alami pengurangan keinginan. Tiga aktor usaha di bidang yang paling terimbas diantaranya, aktor usaha bidang fasilitas dan makanan-minuman turun sebesar 87 %. Aktor usaha bidang transportasi dan pergudangan sebesar 85 % dan aktor usaha bidang layanan sebesar 85 %.

“Ini beberapa sektor aktor usaha yang terimbas di Bali,” kata Tjokorda.

Tjokorda menambah keadaan ini juga belum tahu dengan cara tepat akan usai. Karena imbas wabah ini masih tidak dapat diprediksikan waktu usainya.

Karena itu dalam hadapi ini dibutuhkan semangat juang dan usaha keras bersama untuk keluar dari saat-saat kritis ekonomi di Bali.

“Hadapi ini membutuhkan daya perjuangan yang tinggi dan usaha keras supaya bisa keluar disini,” katanya akhiri.

Anisyah Al Faqir

Pemerintahan sedang menyiapkan pola pembukaan akses untuk pelancong atau wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

 

Updated: January 31, 2021 — 3:29 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.