Konservasi Mangrove

PT Pertamina EP memiliki komitmen untuk perduli dan jaga kualitas lingkungan, dengan membuat infrastruktur di teritori kawasan pelestarian mangrove Coastal& Marine Biodiversity Reserve (CMBR) Lembung Paseser.

Mengangkat ide pelestarian, penelitian, riset dan pendayagunaan warga CMBR Lembung Paseser ini menjadi sentral riset dan edukasi. Jemy mengharap, dengan kekayaan keberagaman hayati yang telah terdeteksi menjadi posisi penelitian dan pengajaran untuk warga.

“Sekitar 34 spesies mangrove dan 68 spesies burung sudah terdeteksi dan terlihat di daerah ini, kecuali untuk menambahkan pengetahuan posisi ini bisa ditingkatkan jadi tujuan rekreasi baru,” katanya.

Proses analisis satwa dan fauna itu sudah dicetak dalam buku saku dengan judul Avifauna Lembung Paseser, yang disebut buku ke-2 yang diedarkan oleh Pertamina EP selaku sisi menambahkan kepustakaan mengenai keberagaman hayati.

“Pada buku ini diterangkan peranan burung, usaha pelestarian burung atau daftar spesies burung yang berada di Lembung Paseser,” tutur Jemy.

Pada tempat pelestarian ini jadi sentral pembibitan mangrove capai 29 ribu bibit dan pembibitan cemara laut sekitar 5 ribu bibit.

Lembung Paseser mempunyai riwayat yang sama. Teritori pesisir Dusun yang kaya bermacam spesies mangrove ini pernah merasakan kerusakan besar karena pindah peranan selaku tambak udang. Kemasyhuran budidaya udang pada akhirnya alami titik nadhir nya diakhir 90-an tersisa lahan-lahan yang ditinggal.

Suksesi alami mangrove berlangsung tetapi memerlukan interferensi agar berjalan maksimal. Oleh karena itu, Poleng Field memiliki inisiatif lakukan interferensi lewat program CSR CMBR Lembung Paseser.

PT Pertamina (Persero) lewat Refinery Unit (RU) VII Kasim Pemasaran Operation Region (MOR) VIII Papua – Maluku kembali lagi salurkan kontribusi modal usaha Program Kerja sama Pinky Movement untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah Kota dan Kabupaten Sorong. Pendistribusian ini dikerjakan untuk tingkatkan kekuatan kewiraswastaan sekalian untuk bangun dari imbas wabah Covid-19.

Updated: January 15, 2021 — 6:02 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.