Pertumbuhan Industri

Kementerian Perindustrian memproyeksi industri pemrosesan nonmigas akan alami perkembangan sejumlah 3,95 % di tahun 2021. Prediksi ini didasari pada anggapan wabah COVID-19 sudah bisa dikontrol dan vaksin ada secara setahap dalam masyarakat.

“Ini skenario yang percaya diri bersamaan dengan berjalannya perbaikan perekonomian nasional yang dikerjakan pemerintahan dan bermacam stakeholder,” kata Kepala Tubuh Peningkatan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto di Jakarta, diktutip Senin (30/11/2020).

Menurut Eko, perkembangan PDB industri pemrosesan nonmigas akan lagi bersambung sampai triwulan IV-2020 bersamaan dengan kenaikan export dan Purchasing Manager’s Indeks (PMI) manufacturing Indonesia yang bertambah semenjak Oktober 2020. Meskipun begitu, perkembangannya akan terkontraksi seputar 2,22 %.

“Perolehan itu alami pembaruan dari angka awalnya,” katanya.

Hal seirama dikatakan Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri, yang meramalkan sebagian besar bidang industri pemrosesan nonmigas akan alami pemulihan pada 2021.

“Sebagian besar dapat tumbuh semakin tinggi, tetapi yang perlu ialah industri farmasi, bagus untuk manusia dan hewan. Hingga kita kelak ongkosnya turun, peternakan kita bagus, unggas kita bagus, sebab keterikatannya semakin turun,” tuturnya.

Lanjut Faisal, industri minuman dan makanan termasuk juga bidang yang masih tumbuh positif di tengah-tengah wabah Covid-19 sebab produk dari industri itu adalah barang konsumsi yang masih diperlukan warga.

“Seterusnya, yaitu industri otomotif, yang pada intinya telah kuat dan tinggal menanti waktu untuk sembuh,” jelasnya.

Eko menambah, investasi industri manufacturing menjadi penunjang perbaikan perekonomian nasional pada 2021. Investasi industri manufacturing di tahun depan diproyeksi tumbuh sejumlah 22 % atau capai Rp323,56 triliun.

Kemenperin menulis, investasi bidang manufacturing pada Januari-September 2020 tumbuh 37,1 % dibandingkan pada masa yang serupa tahun kemarin. “Ini menunjukkan jika investasi bidang industri tidak dipengaruhi oleh wabah Covid-19,” tegasnya.

 

Updated: January 15, 2021 — 5:44 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.