RUU EBT

Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menjelaskan pengkajian Perancangan Undang-Undang Migas akan diulas sesudah RUU Energi Baru Terbarukan (EBT) ditetapkan. Sebelumnya dua RUU ini akan usai pada tahun 2021, tetapi sebab wabah, karena itu harus diputuskan diantaranya.

“Sebab covid cuman ada 1 undang-undang yang disuruhkan untuk diselesaikan di DPR ini dalam tiap tahun periode sidang,” kata Sugeng dalam dialog panel bertema Improving Oil and Gas Invesment Climate to Achieve Energy Security lewat Increasing Reserves dan Production, Jakarta, Rabu (2/12).

Sugeng menerangkan, RUU Migas semenjak tahun 2015 telah masuk ke Prolegnas DPR untuk diulas. Lantas tahun 2018 telah dikerjakan sidang pleno.

Namun saat itu dari faksi pemerintahan belum memberi jawaban. Bahkan juga Presiden sudah keluarkan Surat Presiden (Surpres) untuk selekasnya diulas oleh kementerian berkaitan. Tetapi pada surat itu pun tidak tercantum daftar inventaris permasalahan (DIM).

“Ya minta maaf, berarti pemerintahan belum siap. Itu di 2018, sampai habis masanya,” kata Sugeng.

Karena itu DPR juga lebih mengutamakan daftar RUU energi yang lain untuk di ulas. Salah satunya RUU yang diulas mengenai Minerba yang telah usai di tahun pertama periode sidang DPR masa 2019-2024.

“UU Minerba alhamdulillah telah diselesaikan pada tahun sidang pertama,” katanya.

Di tahun ke-2 ini, DPR akan mengutamakan RUU EBT. Kemudian akan mengutamakan RUU Migas. Pengkajiannya akan dikerjakan Januari 2021 kedepan.

“Insya allah secara berbarengan, Januari 2021 sesudah masuk reses, baik naskah akademis atau legal draftnya,” katanya.

“Jika siap, akan selekasnya anggap paripurnakan (RUU EBT), karena itu kita susul akan ulas RUU Migas. Jadi berbarengan,” katanya akhiri.

Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Bijakin Tasrif menjelaskan bermacam negara dunia terhitung Indonesia sedang memprioritaskan pemenuhan energi bersih dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Tetapi akselerasi peningkatan EBT tidak tinggalkan peranan bidang migas.

Updated: January 15, 2021 — 4:40 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.